Jumat, 04 Maret 2011

HIGH SCHOOL MUSICAL

High School Musical

High School Musical

Poster promosi
Sutradara Kenny Ortega
Produser Don Schain
Penulis Peter Barsocchini
Pemeran Zac Efron
Vanessa Hudgens
Ashley Tisdale
Lucas Grabeel
Corbin Bleu
Monique Coleman
Bart Johnson
Musik oleh Greg Cham
Ray Cham
Andy Dodd
Faye Greenberg
Jamie Houston
David Lawrence
Adam Watts
Matthew Gerrard
Drew Lane
Eddie Galan
Drew Seeley
Sinematografi Gordon Lonsdale
Distributor Disney Channel
Tanggal rilis 20 Januari 2006 (2006-01-20)
Durasi 97 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $4.2 juta[1]
Sekuel High School Musical 2
High School Musical adalah sebuah film drama musikal, seri pertama dari film seri High School Musical. Dirilis tanggal 20 Januari 2006, High School Musical menjadi film produksi DCOM (Disney Channel Original Movie) yang paling sukses bersama dengan sekuelnya, High School Musical 2 dan High School Musical 3: Senior Year. High School Musical dibintangi oleh bintang-bintang remaja Amerika, diantaranya Vanessa Anne Hudgens,Ashley Tisdale, Zac Efron, Lucas Grabeel, Monique Coleman, dan Corbin Bleu.
Soundtrack albumnya menjadi album paling laris di Amerika tahun 2006. Film ini juga menjadi film produksi DCOM dengan penonton terbanyak tahun 2006 dengan 7,7 juta orang di hari penanyangannya di AS. Secara total, High School Musical diperkirakan telah ditonton oleh lebih dari 225 juta orang di seluruh dunia.
Pengambilan gambar film ini dilakukan di East High School yang berlokasi di Salt Lake City, Utah dan Auditorium dari Murray High School.

Alur Cerita

Troy dan Gabriella bertemu di pesta Malam Tahun Baru di sebuah klub dekat rumah mereka. Troy adalah bintang basket di sekolahnya dan Gabriella adalah siswi teladan yang jago sains dan matematika. Mereka berdua dipanggil untuk menyanyi karaoke bersama (Start of Something New). Mereka terlihat cocok dan saling bertukar nomor telepon sebelum berpisah.
Mereka berdua kembali dipertemukan di East High School, ketika mereka berada dalam satu kelas. Troy membuktikan bahwa gadis itu benar Gabriella dengan membunyikan nomor teleponnya. Setelah itu telponnya diambil oleh Ms. Darbus, guru drama karena berbunyi dalam kelas. Waktu istirahat, Troy menemui Gabriella di kuar kelas, dan Gabriella bercerita bahwa ia baru saja dipindahkan ke Albuquerque, New Mexico dan ditransfer ke East High. Troy mengantar Gabriella keliling sekolah dan mereka berhenti di papan pengumuman untuk audisi musikal musim dingin. Tiba-tiba Sharpay Evans, Presiden Klub Drama, datang dan mengira Gabriella tertarik untuk ikut audisi. Setelah itu, Sharpay berusaha untuk mengeliminasi Gabriella dari audisi tersebut. Ia mengalihkan Gabriella ke kapten Klub Ilmiah, Taylor McKessie setelah terlebih dahulu mengetahui prestasi Gabriella sebelumnya, di mana ia pernah menjuarai lomba kimia.
Selama latihan basket, Troy tidak fokus karena pikirannya hanya ke Gabriella dan ia berpikir mungkin enak juga ikut audisi (Get’cha Head In the Game). Gabriella dan Troy kemudian bertemu lagi secara tidak sengaja di audisi musikal ketika Sharpay dan Ryan Evans sedang beraksi (What I've Been Looking For) tapi sayangnya mereka berdua terlalu malu untuk ikut dalam audisi. Akhirnya, Gabriella memberanikan diri untuk ikut, Troy juga menawarkan diri untuk bernyanyi bersamanya, tapi Ms. Darbus berkata bahwa mereka telat. Ketika Ms. Darbus telah pergi, Kelsi Nielsen, komposernya, menjatuhkan kertas-kertas musiknya, maka Troy dan Gabriella dengan cepat membantu Kelsi. Kemudian secara tidak sengaja, mereka menyanyi bersama selagi Kelsi bermain piano (What I've Been Looking For (Reprise)). Ternyata, Ms. Darbus mendengar mereka bernyanyi dan memberikan mereka kesempatan untuk audisi callback.
Ketika daftar audisi callback ditempel di papan, Sharpay sangat marah karena merasa Troy dan Gabriella tidak ikut audisi. Teman-teman Widcats yang lainnya juga syok setelah melihat nama Troy disitu. Di kantin, murid lainnya mengatakan rahasia mengenai hasrat dan bakat mereka (Stick To The Status Quo). Hal ini membuat Chad dan Taylor semakin tersadar ketika Troy dan Gabriella memulai latihan mereka. Sejak Gabriella setuju untuk ikut tim Ilmiah, Chad dan Taylor menginginkan teman mereka fokus di lomba daripada di musik. Untuk mengembalikan mereka ke situasi normal, Chad dan anggota tim basket berusaha mengerjai Troy hingga Troy mengatakan Gabriella itu tidak penting ketika Gabriella melihatnya melalui laptop yang tersambung wi-fi. Gabriella sedih (When There Was Me And You), dia menolak bicara dengan Troy dan berkata tidak ikut audisi callback. Chad dan Taylor merasa sangat bersalah karena menghancurkan hubungan Troy dan Gabriella. Chad dan tim basket berusaha untuk bicara dengan Troy, sedangkan Taylor dan anggota kelompok ilmiah menjelaskan yang sebenatnya pada Gabriella. Setelah Chad menjelaskan bahwa mereka akan mendukung Troy di musikal tersebut, Troy pergi ke rumah Gabriella dan mereka kembali berteman.
Merasa terintimidasi karena mendengar Troy dan Gabriella kembali latihan, Sharpay membujuk Ms. Darbus agar mengganti waktu callback maju sehari (hari dimana Troy mengikuti kompetisi basket dan Gabriella mengikuti kompetisi ilmiah), sehingga mereka tidak dapat berpartisipasi di Callback. Kelsi mendengar hal itu, sehingga anggota tim basket dan anggota ilmiah membuat rencana bersama. Di hari lomba, Taylor dan Gabriella menggunakan komputer sekolah untuk menyebabkan sedikit kekacauan pada lomba ilmiah dan kompetisi basket. Karena kedua kompetisi itu ditunda, Troy dan Gabriella buru-buru ke Auditorium ketika Ryan dan Sharpay sudah menyelesaikan aksi mereka (Bop To The Top), dan senang karena rencana mereka berhasil. Troy dan Gabriella kemudian ikut audisi setelah diperbolehkan Ms.Darbus (Breaking Free). Mereka beraksi dengan baik sehingga Ms. Darbus memberikan peran utama tersebut pada mereka dan membuat Ryan dan Sharpay menjadi peran pengganti. Troy dan Gabriella kemudian menang dalam kompetisi mereka masing-masing, dan film berakhir ketika seluruh murid East High berkumpul di hall untuk merayakannya bersama (We're All In This Together).

Pemain Utama

Musik

Soundtrack dari film ini dirilis tanggal 10 Januari 2006. Telah terjual 3.8 juta kopi pada bulan Desember tahun yang sama.
Judul Dinyanyikan oleh Penyanyi lainnya Latar
"Start Of Something New" Troy dan Gabriella Tidak ada Mountain Ski Resort
"Get'cha Head in the Game" Troy Pemain basket Gym East High
"What I've Been Looking For" Ryan dan Sharpay None Auditorium East High
"What I've Been Looking For (Reprise)" Troy dan Gabriella Tidak ada Auditorium East High
"Stick To The Status Quo" Zeke, Martha, Skater Dude, Sharpay, Ryan Jocks, Brainiacs, Skater Dudes, Wildcats Kantin East High
"When There Was Me And You" Gabriella Tidak ada Lab East High, Koridor sekolah, dan kantin
"Bop To The Top" Ryan dan Sharpay Tidak ada Auditorium East High
"Breaking Free" Troy dan Gabriella Tidak ada Auditorium East High
"We're All In This Together" Troy, Gabriella, Ryan, Sharpay Wildcats Gym East High

Tidak ada komentar:

Posting Komentar