Jumat, 04 Maret 2011

7 KASUS TERHEBOH TH 2010 (WARTA KOTAlive.com)

7 Kasus Terheboh di Tahun 2010
istimewa 
Dibaca : 423 kali | Komentar: 0
Palmerah, Warta Kota
Dalam laporan kerja satu tahun Polda Metro Jaya sepanjang 2010, Kapolda Inspektur Jenderal Sutarman memaparkan beragam kasus kriminalitas menonjol yang menyita perhatian publik.
Kriminalitas jalanan, bukan perkara korupsi, ini mengemuka selama posisi Kapolda Metro Jaya dijabat dari Inspektur Jenderal Wahyono, Komisaris Jenderal Timur Pradopo, hingga Inspektur Jenderal Sutarman.
Berikut kasus menonjol yang menyita perhatian publik:
1. Penangkapan Pelaku mutilasi Baekuni alias Babe
Pada 7 Januari 2010, Baekuni alias Babe membunuh dan memutilasi korban bernama Ardiansyah (10) di Gang Masjid Rt 06/02 Pulo Gadung, Jakarta Timur.
Babe yang dikenal suka menampung anak jalanan, hari itu mengajak Ardiansyah yang seorang pengamen bertandang di rumahnya. Kemudian, korban dimandikan dan diajak berhubungan badan.
Ardiansyah menolak, Babe lantas menjerat lehernya dengan tali rafia, menyetubuhi, dan memutilasi tubuh korban lalu dibuang di Jalan Bekasi Km 26. Jembatan Besi, Ujung Menteng, Cakung.
Selang dua hari, aksi Babe diketahui oleh polisi. Saat dimintai keterangan, ternyata korban Babe tak hanya Ardiansyah.
Pada 2007 dan 2008, Babe memutilasi Adi (12) dan Arif (6), total korban Babe mencapai 14 orang. Babe sendiri telah dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Tinggi Jakarta Timur.
2. Penculikan dan Pembunuhan Warga Pakistan, Muhammad Akasha Rao
Pada 26 April 2010 ditemukan sesosok mayat laki-laki di dalam mobil Baleno B 8567 JA di Perumahan Umum PURI Bintara Ciputat.
Korban kemudian diketahui warga negara Pakistan bernama Muhammad Akshara Rao. Akasha ditemukan dengan kaki terikat dan seluruh muka tertutup lakban.
Selang beberapa hari, polisi menangkap dua tersangka pelaku penculikan dan pembunuhan Akshara di dua tempat berbeda.
Tersangka Amrullah ditangkap di Bandung, dan tersangka Ahmad ditangkap di Karawang. Kedua tersangka ini menculik dan meminta tebusan kepada keluarga korban sebesar 10 Lac Rupee.
Namun, Akshara tetap dibunuh meski keluarga telah mentransfer uang. Kasus ini ditangani oleh Polres Metro Jakarta Selatan.
3. Pengungkapan Kasus Mutilasi oleh Muryani
Muryani, istri kedua korban mutilasi Karyadi, nekat membunuh dan memutilasi suaminya menjadi 13 potong, karena mengetahui suaminya menikah lagi.
Saat Karyadi tidur, Muryani memukul kepala suaminya dengan tabung ukuran 3 kilogram. Karyadi kemudian diseret ke kamar mandi dan dipotong dengan pisau dapur menjadi 13 bagian, dimasukkan ke dalam kantong plastik hitam.
Selanjutnya, potongan tubuh itu dibuang ke Kali Baru Depan Pasar Obor Jakarta Timur. Kasus Muryani ditangani oleh Polres Metro Jakarta Timur.
4. 15 Orang Keracunan Jamu Oplosan Sarimin
Sarimin (41), pemilik warung jamu ditangkap karena jamu oplosan racikannya memakan korban pada 22 Agustus 2010 lalu. Para korban ini meninggal di tempat yang terpisah seperti di rumah masing-masing seusai meminum jamu oplosan yang dibeli di warung Sarimin.
Dari uji kandungan jamu racikan ini, diketahui mengandung bahan-bahan berbahaya bagi tubuh. Sarimin dijerat dengan Pasal 359 KUHP dan atau Pasal 8 ayat 1, ayat 2, dan ayat 3 UU RI Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.
5. Penangkapan Perampok Toko Emas di Bukit Duri, Tebet
Tiga toko emas di Pasar Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan dirampok kawanan bersenjata api dan menembakkan pelurunya ke atas, pada 8 Agustus 2010.
Polisi berhasil menangkap 18 orang yang tergabung dalam kawanan ini di berbagai tempat berbeda.
Para perampok ini merampok dengan menggunakan 2 senjata organik jenis Revolver, 3 senjata rakitan FN, dan 2 senjata api rakitan. Berkas kasus para tersangka ini telah diserahkan ke Kejaksaan Tinggi Jakarta Selatan.
6. Bentrok di Jalan Ampera Raya Jakarta Selatan
Saat sidang kasus Blowfish akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, 29 September 2010 , terjadi bentrokan antar dua kelompok.
Dari bentrokan ini mengakibatkan tiga orang meninggal dunia, satu orang kritis, dan delapan orang mengalamu luka, juga tiga anggota Polri mengalami luka tembak.
Tujuh pelaku kekerasan berhasil ditangkap, dan kasusnya masih dalam penyelidikan Polres Metro Jakarta Selatan.
7. Penusukan Jemaat HKBP Ciketing
Jemaat HKBP Ciketing Asian Lumban Toruan ditusuk saat hendak menuju Lahan Kosong di Ciketing Asem Bekasi untuk melaksanakan kebaktian.
Selain Asian, pendeta Luspida Simanjuntak juga dipukul di bagian kepalanya. Penusuk dan pengeroyok adalah sekelompok orang yang mengendarai kendaraan roda dua berjumlah 13 orang.
Ke-13 orang ini telah ditangkap termasuk salah seorang anggota Front Pembela Islam bernama Muharli Barda. Ke-13 tersangka sudah diserahkan kasusnya ke Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. (kompas.com/ce1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar