Jumat, 04 Maret 2011

LADY GAGA

Lady Gaga

Lady Gaga
Latar belakang
Dilahirkan dengan nama Stefani Joanne Angelina Germanotta
Asal Bendera Amerika Serikat Yonkers, New York
Genre Pop
Pop Dance
Elektronik
Pekerjaan Penyanyi
Pencipta lagu
Musikus
Disc Jockey
Penari Go-Go
Instrumen Vokal
Piano
Synthesizer
Keytar
Tahun aktif 2006–sekarang
Label Def Jam
Interscope
Kon Live
Streamline
Cherrytree
Dipengaruhi oleh Akon, Beyonce, Space Cowboy, Elton John
Situs web www.ladygaga.com
Stefani Joanne Angelina Germanotta (lahir 28 Maret 1986; umur 24 tahun; lebih dikenal dengan nama panggungnya Lady Gaga) adalah penyanyi pop Amerika. Dia mulai tampil dalam kancah musik rock dari New York City Lower East Side pada tahun 2003 dan terdaftar di New York University's Tisch School of the Arts. Dia lalu menandatangani kontrak dengan Streamline Records, sebuah jejak Interscope Records. Selama waktu awal dia di Interscope, ia bekerja sebagai penulis lagu untuk artis label sesama dan menangkap perhatian Akon, yang mengakui kemampuan vokalnya, dan memasukkan Gaga ke label milik Akon, Kon Live Distribusion.
Dirilis pada 19 Agustus 2008, album debutnya The Fame, mencapai nomor satu di Inggris, Kanada, Austria, Jerman dan Irlandia serta mencapai dalam top-10 di tangga berbagai negara di seluruh dunia; di Amerika Serikat, The Fame mencapai nomor dua di chart Billboard 200 dan menduduki puncak Billboard's Dance / Electronic Album chart. Dua single pertamanya, "Just Dance" dan "Poker Face", yang ditulis dan di-co-produksi dengan RedOne, menduduki nomor satu di chart berbagai negara, seperti Billboard Hot 100 di Amerika Serikat serta negara-negara lain. Albumnya yang kemudian meraih total enam nominasi Grammy Award, memenangkan penghargaan untuk Best Electronic / Dance Album dan Best Dance Recording untuk "Poker Face". Pada awal 2009, ia memulai tur pertama, The Fame Ball Tour. Pada kuartal keempat tahun ini, ia telah merilis EP, The Fame Monster, bersama dengan single hitnya "Bad Romance", serta Gaga memulai tur kedua tahun ini, The Monster Ball Tour . Album kedua-nya, Born This Way, dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2011.
Lady Gaga terinspirasi oleh seniman glam rock seperti David Bowie dan Queen, serta penyanyi pop seperti Madonna dan Michael Jackson. Dia juga menyatakan fashion adalah sumber inspirasi bagi lagu dan pertunjukan. Gaga menduduki peringkat ke-73 Artis Dekade 2000-10 Billboard. Pada Agustus 2010, Gaga telah menjual lebih dari 15 juta album dan 51 juta single di seluruh dunia. Kedua majalah Time dan Forbes memasukkan Gaga dalam daftar tahunan "Orang-orang Paling Berpengaruh di Dunia" dan "100 Most Powerful and Influential celebrities in the world", Forbes juga menempatkan dirinya di nomor tujuh dalam daftar tahunan "100 Perempuan Terkuat Dunia."

Diskografi

Tahun Album Singel Cover Cover Lain
2008 The Fame Album Cover-The Fame.jpg LadyGagaJustDance.jpg
2009 The Fame Monster
(EP)
TheFameMonsterStandard.jpg Telephone-LadyGaga.jpg
2011 Born This Way Born This Way.jpg

Tur

  • The Fame Ball Tour
  • The Monster Ball Tour

Pranala luar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar